Dampak Self-Esteem yang Rendah dalam Hubungan Romantik




Memiliki self-esteem yang rendah dapat memengaruhi kualitas hubungan romantik yang kamu bangun dengan pasanganmu. Berikut adalah dampak yang mungkin timbul dari rendahnya self-esteem dalam hubungan romantikmu

Kamu tidak berani menjadi diri sendiri
Rendahnya self-esteem dapat membuat kamu khawatir kalo pasanganmu tidak menyukai dirimu yang apa adanya sehingga kamu berusaha sekuat tenaga untuk menjadi pribadi yang lain dan melupakan jati dirimu yang sebenarnya agar pasanganmu suka padamu dan mempertahankan hubungan yang kalian bangun. Dengan begini, kamu akan kehilangan keaslian dari dirimu lho KLEEzen.

Kamu terlalu takut dalam memenuhi kebutuhanmu
Rendahnya self-esteem membuatmu ragu untuk memperjuangkan apa yang kamu butuhkan dan apa yang kamu inginkan dalam sebuah hubungan. Kamu menjadi tidak enakan dalam mengatakan apa yang kamu inginkan dan kamu khawatir dengan mengatakan apa yang kamu inginkan kepada pasangan hanya akan menjadi beban bagi mereka sehingga kamu lebih memilih untuk memendamnya.

Kamu menjadi sensitif banget
Self-esteem yang rendah dapat membuatmu sering berpikir berlebihan mengenai respon atau feedback dari pasanganmu, kamu juga jadi gampang baper kalo ada sesuatu yang belum jelas kebenarannya. Misalnya pasanganmu yang butuh waktu untuk sendirian namun hal ini disalahartikan olehmu menjadi hal yang tidak-tidak. Kamu juga akan menjadi mudah marah atau sensian terhadap pasanganmu.

Sensitif yang berlebihan dapat menjadi kecemburuan
Perasaan sensitif yang berlebihan dapat mengakibatmu menjadi pribadi yang cemburuan dan tidak percayaan dengan pasanganmu. Dengan self-esteem yang rendah, kamu akan menjadi mudah merasa insecure dan khawatir bahwa pasanganmu akan pergi meninggalkanmu dan ini dapat membuatmu menjadi pribadi yang posesif kepada pasangan.
Kamu menjadi tidak rasional dalam mempertahankan hubunganmu
Adanya perasaan insecure membuatmu takut bahwa suatu saat pasanganmu akan pergi meninggalkanmu sehingga kamu berusaha untuk mempertahankan hubunganmu dengan cara yang tidak rasional seperti bersedia melakukan apapun agar pacarmu tidak meninggalkanmu bahkan jika tindakan tersebut tidak masuk akal dan tidak baik untuk dirimu seperti misalnya kamu menerima dan menoleransi kekerasan yang dilakukan oleh pasanganmu.

Kamu menjadi pribadi yang abusive
Perasaan insecure dan rendahnya self-esteem juga dapat membuatmu menjadi pribadi yang menggunakan kekerasan untuk mempertahankan hubungan yang kamu jalin dengan pasanganmu. Kamu yang khawatir akan ditinggal pasangan akan melakukan tindak kekerasan atau ancaman sehingga membuat pasanganmu takut kepadamu dan tidak akan meninggalkanmu.

Perlu bantuan?
Jika kamu atau orang-orang terdekatmu perlu bantuan professional dalam mengatasi masalah hidup, stres, depresi, dan gangguan psikologis lainnya silahkan hubungi Customer Service KLEE untuk layanan psikologis yang dapat dilakukan secara online dan offline melalui Whatsapp 0812-1037-6125